Aduh emailnya udah keburu kekirim lagi

Pernah ngalamin ngirim email begitu udah pencet tombol ‘Send‘ baru ketauan kalau:

  1. Alamat email yang dituju salah orang.
  2. Isinya ngaco, tadi pas lagi nulis kebawa emosi jadi pas sekilas baca lagi. ya amplop .. mampus deh gue
  3. Ada yang masih kurang .. ya kirim aja lagi ya kalau masih ada yang kurang, ngak bayar ini ..

Ini khusus tips yang pake GMail atau GoogleApps aja ya (atau sekarang udah ganti namanya jadi G Suite) – aplikasi email yang terbaik menurut gue untuk saat ini. Dari mulai dia kasih gratis email 100 alamat, turun jadi 10 alamat dan sekarang sebijinya aja udah mahal banget. Pinter deh otak dagangnya. Pinter juga yang udah keburu dapet 100 email gratis karena bisa dipake terus. Coba kalau disuruh bayar 300 dolar sebulan ? itu juga lagi didiskon aslinya sih 500 dolar sebulan ..  Kok gue jadi nglantur ngomongin tarif G Suite sih.

Oke dari webmail G Suite coba masuk ke halaman ‘Settings‘, caranya klik icon, apa tuh namanya yang kayak gir buat sepeda, yang ada di bagian atas kanan halaman website. Nanti muncul popup menu untuk masuk ke halaman ‘Settings‘.

Di halaman Setting, di tab ‘General‘, geser ke bawah sampai kamu menemukan menu ‘Undo Send‘. Nah di baris menu tersebut klik checkbox ‘Enable Undo Send‘ untuk mengaktifkan perintah ‘Send cancellation period‘.

Setelah aktif, kamu bisa memilih dari dropdown menu waktu yang (masih) bisa kamu ambil untuk membatalkan pengiriman email. Ada pilihan 5, 10, 20 atau maksimal 30 detik. Untuk amannya ambil aja yang paling maksimal 30 detik.

Sekarang coba test apa bener bisa berfungsi, kirim email ke salah satu mantan dan bikin permohonan untuk bisa balik lagi. Lalu klik tombol ‘Send‘ untuk kirim email.

Segera setelah email Anda terkirim muncul notifikasi dengan link ‘Undo‘ yang akan muncul selama waktu yang telah Anda pilih tadi. Buru-buru klik tombol ‘Undo‘ sebelum waktu habis.

Nah, lega kan .. ‘Sending has been undone‘ yang artinya pengiriman email telah dibatalkan. Makanya kalau kirim email sebaiknya jangan sambil bercanda ya …