Google Menghapus Versi Gratis Google Apps

Google mengeluarkan pengumuman yang mengejutkan minggu ke 2 di penghujung tahun 2012, yaitu tidak lagi menyediakan layanan Google Apps versi gratis atau standard, yaitu layanan email gratis dengan maksimal jumlah akun 10 email per domain.

Google mengeluarkan pengumuman yang mengejutkan minggu ke 2 di penghujung tahun 2012, yaitu tidak lagi menyediakan layanan Google Apps versi standard, yaitu layanan email gratis dengan maksimal jumlah akun 10 email per domain.

Untuk Anda yang telah terdaftar menggunakan Google Apps versi standard tidak perlu kuatir karena tetap dapat menggunakan layanan ini seperti biasa, karena Google berjanji akan tetap mempertahankannya.
Please note this change has no impact on our existing customers, including those using the free version” – demikian kata Google.

Perubahan ini mungkin yang kedua kali dilakukan, awalnya versi standard ini memberikan jumlah akun yang jauh lebih besar yaitu maksimal sampai dengan 50 akun email per domain. Tapi lalu Google menurunkannya menjadi hanya 10 akun email.

Dan kini Google malah menghapusnya sama sekali dan hanya menyediakan Google Apps for Business dengan biaya yang cukup mahal, yaitu $50 per akun per tahun. Jadi jika perusahaan Anda punya 10 pegawai siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam sebesar $500 atau hampir 5 juta rupiah pertahun jika tetap ingin menggunakan layanan Google Apps ini.

Entah alasan apa yang menjadi dasar raksasa internet ini dengan mengeluarkan keputusan ini, karena tidak semua perusahaan memiliki bujet besar untukĀ aktivitasĀ email mereka. Selama ini banyak perusahaan yang baru berdiri di Indonesia dengan jumlah pegawai kurang dari 10 orang sangat terbantu dengan layanan Google Apps versi standard ini untuk aktivitas email mereka sehari-hari. Jumlah kuota yang besar – 10 GB, anti spam yang tangguh, bisa diakses dan tersinkronisasi dengan perangkat bergerak. Itu beberapa keunggulan dari Google Apps.