Prosedur perpanjangan domain name yang telah kadaluwarsa/Expired

Informasi mengenai prosedur perpanjangan domain name jika Anda terlambat melakukan perpanjangan domain name

Ketika Anda tidak sengaja lupa atau lalai untuk memperpanjang domain name yang Anda miliki, maka proses perpanjangan nama domain Anda akan menjadi berbelit, susah dan mahal.

Berikut ini proses yang akan dilalui untuk domain yang telah terlanjur expired atau kadaluwarsa:

  • Sehari setelah domain expired, isi website Anda tidak akan muncul seperti biasanya, tapi yang muncul adalah halaman yang biasanya disebut dengan “domain parking”. Jika ini terjadi pada website perusahaan Anda maka ini adalah berita terburuk yang Anda perlihatkan kepada pengunjung Anda, karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan ditampilkan di halaman tersebut. Tapi jangan kuatir Anda masih tetap bisa memperpanjangnya dengan biaya normal.
  • Pada masa tersebut, kami akan tetap berusaha untuk menghubungi dan mengingatkan Anda, apakah akan memperpanjang domain Anda kembali atau tidak.
  • Dihari ke-19 setelah tanggal expired, Anda masih tetap berhak untuk memperpanjang domain tersebut, tapi kali ini Anda harus membayar biaya ekstra untuk apa yang disebut dengan “redemption fee” plus biaya perpanjangan minimal untuk 1 tahun kedepan.
  • Jika domain tersebut sangat berarti bagi Anda, segera lakukan pembayaran saat itu juga, karena pada hari ke-25 setelah tanggal expired, domain name Anda akan masuk bursa lelang yang diselenggarakan oleh “domain name industry auction service”.
  • Pada masa itu, Anda masih bisa memperpanjang nama domain tersebut, ditambah dengan redemption fee plus biaya perpanjangan minimal untuk 1 tahun kedepan
  • Pada hari ke-42 setelah tanggal expired, domain name Anda akan dibatalkan dan semua layanan yang terkait dengan domain name tersebut akan dihapus.
  • Pihak pengelola (registry) mungkin masih akan menahan domain name Anda, entah sampai kapan dan atas dasar apa, sebelum kemudian melepaskannya dan tersedia untuk umum dengan harga normal kembali.

Terkait dengan informasi di atas, saya juga ingin sharing pengalaman seorang klien yang sedikit lalai dalam memperpanjang domain, padahal kami telah mengingatkannya beberapa kali sebelum domain name miliknya expired.

Ketika ia meminta kami untuk memperpanjang domain name miliknya yang telah expired, pihak registry mengenakan biaya redemption fee sebesar $80.00 plus biaya perpanjangan domain untuk 1 tahun kedepan. Hal ini terjadi setelah hari ke-20 terhitung sejak tanggal expired domain name.

Kemudian kurang lebih hampir 2 bulan setelah domain expired, saya mencoba untuk mendaftarkan kembali domain tesebut. Ternyata sekarang domain name tersebut sudah masuk listing sebagai Premium Domain, dan jika ingin menebusnya kembali dikenakan harga penawaran sebesar $980.00 !

Demikianlah betapa berharganya domain name bagi perusahaan, organisasi atau diri pribadi Anda sendiri, untuk itu agar Anda selalu ingat untuk memperpanjang dimuka, selambat-lambatnya 14 hari sebelum tanggal expired.

Hal ini untuk mencegah resiko seperti yang telah saya ceritakan di atas.